Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Wisata Lumajang

Sumber Mrutu, Sensasi Segar Mata Air Alami Pegunungan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Lumajang yang berada di tengah antara tiga gunung yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Lemongan.

Lumajang yang berada di tengah antara tiga gunung yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Lemongan. Ketiga gunung itu bukan hanya menciptakan pemandangan indah, namun juga menciptakan lahan pertanian subur serta kaya akan sumber air dengan mata air yang jernih.

Salah satu sumber air pegunungan di kabupaten dengan julukan "Kota Pisang" karena buminya menumbuhkan pisang yang enak adalah Sumber Mrutu. Wisata pemandian mata air alami lokasinya berada di Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang. Jaraknya dengan pusat kota kabupaten hanya 10,4 kilometer.

Keistimewaan dari Sumber Mrutu adalah memiliki sumber mata air yang alami dan airnya juga sangat jernih. Air ini dimitoskan atau dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit. Tidak heran banyak masyarakat berkunjung selain untuk berobat juga menikmati kesegaran airnya yang sangat jernih dan sejuk.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Sumber Mrutu dulunya pernah menjadi pemandian para dewa-dewi. Hal itu terjadi dari pada masa Kerajaan Singasari. Kerajaan ini bercorak Hindu-Buddha yang yang hidup antara 1222-1292 yang didirikan oleh Sri Ranggah Rajasa atau biasa disebut Ken Arok.

Selama berada di Sumber Mrutu, wisatawan umumnya ingin merasakan sensasi menceburkan diri ke dalam airnya yang segar. Menyelam melihat indahnya pesona bawah air yang jernih berwarna hijau kebiruan merupakan keindahan lain yang ditawarkan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top