Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sejarah Mesir Kuno

Punt, Negara Mitra Dagang yang Masih Misterius

Foto : World History
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam prasasti Mesir kuno banyak disebutkan terjadinya perdagangan dengan negara Punt. Namun di masa lokasinya berada?

Dalam prasasti Mesir kuno banyak disebutkan terjadinya perdagangan dengan negara Punt. Namun di masa lokasinya berada?

Setelah Jean-Francois Champollion berhasil menguraikan hieroglif atau tulisan dan abjad Mesir Kuno pada 1822, dan para sarjana Barat mulai membaca teks-teks Mesir. Dalam banyak prasasti, mereka kemudian menemukan banyak hal salah satunya adalah Kerajaan Punt.

Yang menjadi pertanyaan tentangnya adalah di mana letak Punt dan apa sebutannya di era modern. Beberapa berpendapat Punt kemungkinan terletak di wilayah barat laut Somalia saat ini berdasarkan kemiripan antara kota kuno Opone yang dirujuk oleh karya kuno dan kota modern Pouen di Somalia. Sedangkan orang Mesir menyebut Punt Pwenet atau Pwene yang diterjemahkan sebagai Pouen yang dikenal orang Yunani sebagai Opone.

Kerajaan ini berdagang dengan Mesir selama berabad-abad. Namun ilmu pengetahuan modern terus memperdebatkan lokasi Punt.

Prasasti menyebutkan mengenai ekspedisi terkenal Ratu Hatshepsut pada 1493 SM pada Dinasti ke-18 Mesir. Pertukaran antara kedua negara ini membawa kembali pohon-pohon hidup ke Mesir, menandai keberhasilan upaya transplantasi fauna asing pertama yang diketahui.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top