Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Wahana Antariksa Lucy Milik NASA Selesaikan Terbang Lintas Pertama Asteroid Dinky

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NASA memastikan bahwa pesawat ruang angkasa Lucy berhasil menyelesaikan penerbangan melintasi asteroid Dinkenish, yang terletak di sabuk utama antara Mars dan Jupiter. Ini menjadi peristiwa penting untuk Lucy lantran Dinkenish merupakan asteroid pertama dari 10 asteroid yang akan dikunjungi Lucy dalam kurun waktu 12 tahun ke depan.

Lucy diperkirakan berada dalam jarak 265 mil (425 kilometer) dari permukaan asteroid selama pendekatan terdekatnya, yang diperkirakan terjadi pada pukul 12:54 malam ET. Data dan gambar akan kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan.

Dinkinesh memiliki lebar sekitar setengah mil (1 kilometer) dan terletak di sabuk asteroid utama antara orbit Mars dan Jupiter. Batu antariksa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1999 oleh program Lincoln Near-Earth Asteroid Research, atau LINEAR, yang merupakan kolaborasi antara NASA, Angkatan Udara Amerika Serikat, dan Massachusetts Institute of Technology yang bertujuan untuk mengidentifikasi asteroid-asteroid yang berpotensi berbahaya.

"Ini adalah pertama kalinya Lucy akan melihat dari dekat sebuah objek yang sampai saat ini hanya berupa noda yang belum terselesaikan di teleskop terbaik," kata Hal Levison, peneliti utama Lucy di Southwest Research Institute di San Antonio, dalam sebuah pernyataan.

"Dinkinesh akan diungkap kepada umat manusia untuk pertama kalinya," tambahnya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top