Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Waspadai Bahaya Kolesterol Jahat Selama Liburan

Foto : Istimewa

Dokter spesialis penyakit dalam  dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Masa liburan akhir tahun 2023 telah tiba. Agar tetap sehat selama liburan terutama yang bepergian ke luar kota, waspadai gangguan kolesterol, bahaya tersembunyi dalam makanan yang sering kali tidak terlihat dan bergejala.

Dokter spesialis penyakit dalam RS Pondok Indah - Puri Indah dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D, menerangkan, kolesterol adalah lemak yang beredar di dalam tubuh. Di dalam darah, lemak ini dibawa oleh protein.

"Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein. Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak," terangnya melalui siaran pers Jumat (22/12).

Selain itu, senyawa tersebut juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, hal tersebut dapat membahayakan tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

"Kolesterol disebut mengalami gangguan, apabila nilainya berada di luar dari rentang nilai normal yang seharusnya. Dua jenis utama lipoprotein adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) atau kolesterol jahat," kata dia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top