Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hipertensi dan Kolesterol Tinggi Sebelum Usia 55 Tahun Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi sebelum usia 55 tahun dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap peluang terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Diterbitkan pada 20 Desember di jurnal ilmiah PLoS One, analisis data kesehatan dari hampir 300 ribu orang dewasa menemukan bahwa peningkatan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) di awal hingga pertengahan kehidupan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, meskipun individu mengurangi tindakan ini ketika mereka lebih tua.

"Semakin tinggi tekanan darah dan kadar kolesterol Anda di awal kehidupan, semakin besar kerusakan yang Anda alami pada jantung dan sistem pembuluh darah," kata Donald Lloyd-Jones, MD, seorang ahli jantung dan ketua departemen kedokteran pencegahan di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, dikutip dari Everyday Health, Rabu (27/12).

"Jadi, sangat penting untuk tidak hanya mengatasi hal-hal ini di usia paruh baya, bahkan lebih penting lagi untuk mengatasinya di awal kehidupan dan memastikan Anda menjaga tindakan ini serendah mungkin selama mungkin," tambahnya.

Dengan menggunakan informasi dari UK Biobank (database biomedis berskala besar yang mencakup informasi genetik, gaya hidup, dan kesehatan), para ilmuwan mempertimbangkan data dari 136.648 partisipan untuk kolesterol, 135.431 untuk tekanan darah, dan 24.052 untuk penyakit jantung koroner.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top