Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Penelitian Ungkap Yoga Bantu Meringankan Nyeri Punggung

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Orang dengan nyeri punggung bawah kronis yang mulai berlatih yoga dapat melihat gejala-gejala mereka membaik, bahkan jika mereka kebanyakan berlatih dari rumah. Dalam sebuah penelitian kecil, para peneliti menawarkan kepada 10 wanita dengan nyeri punggung bawah kronis serangkaian delapan kelas yoga selama empat minggu. Sesi pertama dilakukan secara langsung, sisanya ditawarkan secara online.

Sebelum mereka memulai yoga, para peserta menilai nyeri punggung mereka rata-rata 6,8 pada skala 10 poin. Pada saat mereka menyelesaikan rangkaian delapan kelas, skor nyeri punggung rata-rata mereka turun menjadi 3,3, menurut hasil yang diterbitkan dalam Journal of Orthopaedic Research.

Para ilmuwan juga mengukur aktivitas otot di tulang belakang yang sering berkurang atau tidak ada pada orang dengan nyeri punggung kronis, dan menemukan bahwa hal ini meningkat secara signifikan pada akhir penelitian. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan fungsi otot dan mengurangi persepsi nyeri pada penderita nyeri punggung bawah.

"Sangat menarik untuk menunjukkan peran yang mungkin dimainkan oleh yoga dalam pengelolaan nyeri punggung kronis," kata rekan penulis studi Alessandro de Sire, MD, dari Magna Graecia University of Catanzaro di Italia, dikutip dari Everyday Health, Selasa (27/2).

Karena semua penderita sakit punggung dalam penelitian ini melakukan rutinitas yoga yang sama, sulit untuk mengatakan apakah jenis latihan ini mungkin lebih atau kurang efektif untuk meredakan gejala daripada jenis intervensi lainnya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top