Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Infeksi di Sekitar Gigi Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Infeksi yang tidak jelas di sekitar gigi dan gusi atau rasa sakit yang luar biasa dapat menjadi indikasi kanker mulut. Kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup dan menghilangkan kebiasaan buruk seperti minum alkohol, atau merokok.

Juga dikenal sebagai kanker mulut, kanker ini terbentuk di rongga mulut yang meliputi seluruh bagian mulut, baik bibir, gusi, lidah, pipi, dan langit-langit mulut. Pertumbuhan sel-sel yang abnormal di dalam mulut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dengan cara membersihkannya dengan benar, baik dengan menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan mengganti sikat gigi dari waktu ke waktu. Sebagai kanker keenam yang paling umum di seluruh dunia, kanker mulut lebih banyak menyerang pria daripada wanita karena kebiasaan mengunyah tembakau, supari atau pan masala.

"Selain menjadi kanker keenam yang paling sering terjadi di seluruh dunia, kanker mulut merupakan salah satu yang paling umum di antara pria India. Hal ini secara signifikan terkait dengan kebiasaan mengunyah tembakau dan juga mengunyah sejumlah zat yang tersedia di negara kita, termasuk supari, pan masala, dan benda-benda lain yang terkait. Biasanya, bahan-bahan ini tersedia dalam sachet kecil dan digantung di kantong-kantong di seluruh negeri, sehingga mudah diakses," kata Dr Vijay V. Haribhakti, Ketua Onkologi, Rumah Sakit Sir HN Reliance Foundation, dikutip dari Hindustan Times, Jumat (16/2).

Kondisi gigi yang buruk secara tidak langsung juga dapat menyebabkan dua jenis kanker. Salah satunya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi yang tajam, dan gigi yang melukai jaringan di dalam mulut.

"Hal ini bisa terjadi pada lidah dan juga gigi. Ada tanda-tanda yang biasanya berhubungan dengan kanker gusi atau rahang. Kita juga perlu mewaspadai gejala-gejalanya dan bagaimana mereka berhubungan dengan kondisi gigi. Berikut ini adalah tanda-tanda yang biasanya berhubungan dengan kanker gusi atau rahang. Jadi, pertimbangan yang paling penting adalah: Apakah ada luka yang belum sembuh dalam waktu yang sangat lama," ujar Vijay.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top