Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Taman Asreboyo Dilengkapi Wahana Perahu Air

Foto : ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo) di Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Ahad (21/5).

A   A   A   Pengaturan Font

Taman Asreboyo Surabaya dilengkapi wahana perahu air

SURABAYA - Salah satu destinasi wisata berupa Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo) di Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, dilengkapi wahana perahu air.

"Saya ingin taman ini menjadi tempat UMKM yang semuanya berjualan. Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya dari UMKM," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan Taman Asreboyo, Ahad.

Taman Asreboyo dengan luas 853 m2 dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti jogging track, Lapangan Basket 3 on 3, Skatepark, arena bermain anak, hingga Wahana Perahu Air.

Pada kesempatan tersebut, ia bercerita bahwa ingin membangun taman yang bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar.

Untuk itu, Taman Asreboyo Ngagel juga akan disinergikan dengan perkampungan yang ada di seberang taman, yakni perkampungan di Jalan Darmokali, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya.

Nantinya, kata dia, perkampungan itu akan dijadikan sebagai salah satu kampung wisata khusus produksi UMKM, serta akan dipasang dermaga untuk menunjang Wisata Perahu Air Ngagel.

"Nanti di seberang, dari kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana," kata Cak Eri panggilan lekatnya.

Taman Asreboyo Ngaggel di harapan bisa menggerakkan roda perekonomian Kota Pahlawan, salah satunya, melalui produk UMKM.

"Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat," katanya.

Ia menjelaskan, mengenai konsep kampung wisata Jalan Darmokali Surabaya akan difokuskan pada produksi UMKM dengan kategori kuliner.

"Di Jalan Darmo ada masjid, orang berjualan kita buat UMKM. Makanan-makanan yang disajikan bervariasi, maka akan terlihat ada menu apa saja yang ada di disajikan di taman (Asreboyo). Sehingga pilihannya banyak, orang ke sini menjadi nyaman," ujarnya.

Dengan demikian, Taman Asreboyo Ngagel diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. Untuk mendukung hal tersebut, Taman Asreboyo dilengkapi dengan fasilitas olahraga bagi anak dan keluarga, serta ditunjang dengan Wahana Perahu Air.

"Perahu ini sebenarnya untuk menyeberang ke Darmo sekaligus berputar sampai dengan pintu air, sampai jembatan Hujung Galuh lalu kembali lagi. Jadi bisa buat keluarga, ada pilihan untuk jadi tempat olahraga dan berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana. Insya Allah kita buat juga pertandingan basket 3 on 3, lombanya disini dan untuk Skateboard juga ada," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan bahwa Taman Asreboyo dibuka mulai pukul 07.00 WIB - 22.00 WIB. Melalui pembukaan taman tersebut, diharapkan dapat menggerakkan perekonomian warga sekitar melalui UMKM. Serta, menjadi pilihan tempat berolahraga hingga wisata keluarga.

"Wahana Perahu Air akan dikelola oleh Disbudorapar Surabaya. Kita berharap taman ini bisa menjadi rujukan bagi warga Surabaya, karena lampu-lampu di Taman Asreboyo sangat instagramable. Kami juga meminta bantuan Dinkominfo Surabaya untuk melakukan pemasangan CCVT di 3 titik untuk pemantauan keamanan, karena saat ini masih 1 titik yang terpasang," kata Hebi.*


Redaktur : -
Penulis : Antara, Alfred

Komentar

Komentar
()

Top