Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Keselamatan Penerbangan

Sejumlah Negara Putuskan untuk Tunda Pengoperasian Pesawat Boeing

Foto : ISTIMEWA

Federal Aviation Adminis­tration (FAA)

A   A   A   Pengaturan Font

SAN FRANSISCO - Badan Penerbangan Federal atau Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat (AS), pada Sabtu (6/1), memerintahkan penangguhan sementara pengoperasian sejumlah pesawat Boeing 737 MAX 9 yang dioperasikan maskapai penerbangan AS atau di wilayah AS.

Perintah tersebut dikeluarkan menyusul insiden serius di tengah penerbangan pada Jumat (5/1) ketika salah satu bagian dari badan pesawat Boeing 737 MAX 9 terlepas dalam penerbangan Alaska Airlines dari Portland, Negara Bagian Oregon, AS. Pesawat itu baru beroperasi selama delapan pekan.

"FAA meminta agar inspeksi terhadap pesawat Boeing 737 MAX 9 tertentu segera dilakukan sebelum pesawat itu bisa kembali mengudara," kata Administrator FAA, Mike Whitaker. "Keselamatan akan terus menjadi pendorong pengambilan keputusan kami saat kami membantu penyelidikan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional terhadap penerbangan 1282 Alaska Airlines," katanya.

Seperti dikutip dari Antara, FAA mengatakan Perintah Kelaikan Udara Darurat yang dikeluarkannya akan berdampak terhadap sekitar 171 pesawat. Boeing telah mengirim total 218 model MAX 9 ke seluruh dunia.

Benturan akibat kecelakaan itu begitu dahsyat dan membuat sebagian besar pesawat hancur, sehingga tim investigasi harus menjelajahi area sekitar kawah yang terbentuk akibat kecelakaan itu untuk mencari petunjuk, bukti, dan jasad korban.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top