Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

Petinggi Militer AS dan Tiongkok Jalin Komunikasi untuk Pertama Kali di 2023

Foto : ISTIMEWA

Hubungan Bilateral

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Pemimpin Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Jenderal Charles "CQ" Brown, pada Kamis (21/12), menjalin komunikasi dengan Jenderal Liu Zhenli, Kepala Badan Militer Tiongkok, yang bertanggung jawab atas operasi dan perencanaan tempur. Hal ini terjadi setelah lebih dari setahun terhentinya perundingan pertahanan tingkat tinggi antara kedua negara.

Dikutip dari Radio France Internationale (RFI), Tiongkok menghentikan perundingan tersebut pada akhir tahun 2022 sebagai protes atas kunjungan Ketua DPR AS saat itu, Nancy Pelosi, ke Taiwan. Namun, para pemimpin kedua negara sepakat untuk melanjutkan perundingan tersebut ketika mereka bertemu bulan lalu.

"Brown membahas pentingnya bekerja sama untuk mengelola persaingan secara bertanggung jawab, menghindari kesalahan perhitungan, dan menjaga jalur komunikasi yang terbuka dan langsung," kata Juru Bicara Militer AS, Kapten Jereal Dorsey dalam sebuah pernyataan.

"Dia menegaskan kembali pentingnya Tentara Pembebasan Rakyat terlibat dalam dialog substantif untuk mengurangi kemungkinan kesalahpahaman," kata pernyataan itu, mengacu pada militer Tiongkok.

Bahas Keamanan Global
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top