Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Prospek 2024 - Ada 50 Perusahaan Kembangkan EV di Indonesia dengan Total Investasi USD200 Juta

Permintaan Kendaraan Listrik Global Capai 55 Juta Unit

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Permintaan EV global terus meningkat setiap tahunnya sehingga posisi RI makin dibutuhkan dan mempunyai bergaining tinggi di hadapan negara maju.

JAKARTA - Posisi Indonesia sebagai negara penghasil nikel makin strategis ke depannya. Sebab, permintaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) global terus meningkat.

Tahun depan saja diperkirakan menembus 55 juta unit. Adapun nikel merupakan komponen utama menghasilkan baterai kendaraan listrik.

"Permintaan global EV diperkirakan mencapai 55 juta unit pada 2024. Penggunaan EV sebagai alat transportasi sehari-hari di Indonesia juga menunjukkan tren peningkatan. Hal ini mendorong bertambahnya permintaan atas baterai berbahan lithium," ungkap Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV), jelas Agus, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengambil langkah signifikan dengan menerbitkan Peta Jalan Pengembangan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai.

Peta jalan ini menguraikan langkah-langkah kunci dalam pengembangan komponen vital, seperti baterai, motor listrik, dan converter dalam upaya mewujudkan kendaraan listrik yang lebih efisien. Salah satu hal yang ingin dicapai pada 2030 adalah kendaraan listrik yang memiliki efisiensi tinggi dan local content sekitar 80 persen.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top