Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Netralitas Karbon

Perketat Baku Mutu Emisi Kendaraan Tipe Baru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Emisi dari sumber bergerak, khususnya kendaraan bermotor, telah menjadi salah satu penyumbang utama polusi udara di wilayah Jabodetabek. Karenanya, diperlukan pembenahan di sektor transportasi untuk mengatasi polusi.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kementerian LHK, Rasio Ridho Sani mengatakan polusi ini tidak hanya berasal dari kendaraan saja sebagai sumber emisi bergerak, melainkan juga dari berbagai sumber emisi tidak bergerak seperti pabrik, pembangkit listrik, dan pembakaran sampah.

"Statistik menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 17 juta sepeda motor, 4,2 juta mobil penumpang, 856 ribu truk, dan 344 ribu bus di Jakarta," ungkapnya dalam Dialog virtual yang digelar FMB9 bertajuk Transportasi Publik, Solusi Perangi Polusi, di Jakarta, Senin (18/9).

Dia menambahkan pertumbuhan kendaraan bermotor terus meningkat sekitar 5,7 persen per tahun untuk sepeda motor dan 6,38 persen per tahun untuk mobil penumpang. Padahal, kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang polusi udara terbesar per penumpang.

Untuk mengurangi emisi dari sumber bergerak, langkah utama yang dilakukan salah satunya memperketat baku mutu emisi kendaraan tipe baru. "Saat ini spesifikasi di Indonesia yang dianjurkan adalah Euro 4. Kita harus ketat, terlebih teknologi juga tergantung dari jenis BBM. Beberapa negara bahkan sudah Euro 5 dan 6, kita juga akan menuju ke sana," paparnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top