Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemberdayaan Masyarakat, Jumlah Wirausaha Ditambah untuk Tekan Kemiskinan

Foto : ANTARA/HO-mpr.go.id/pri

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Pemberdayaan masyarakat, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan bahwa jumlah wirausaha nasional harus ditambah secara konsisten dalam upaya menekan angka kemiskinan dan mengakselerasi capaian pembangunan di Tanah Air.

"Sebagai salah satu instrumen untuk mengentaskan kemiskinan, penambahan jumlah wirausaha di Tanah Air harus terus didorong dan didukung semua pihak," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Berdasarkan survei World Economic Forum tahun 2019, sebanyak 35,5 persen pemuda usia 15-35 tahun di Indonesia berkeinginan menjadi pengusaha. Namun, aktivitas kewirausahaan nasional per 2022 masih terbilang rendah, yaitu sekitar 3,47 persen.

Catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan angka minimal untuk dikategorikan sebagai negara maju memiliki 4 persen wirausaha dari populasi sebuah negara. Rata-rata negara maju sekarang memiliki populasi wirausaha antara 10 sampai 12 persen.

Pada sisi lain, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menargetkan tingkat kemiskinan di Indonesia sekitar 6 hingga 7 persen dan kemiskinan ekstrem mendekati 0 persen pada 2024. Sedangkan persentase penduduk miskin Indonesia pada Maret 2022 tercatat 9,54 persen.

Menurut Lestari, sejumlah upaya untuk menjawab tantangan penurunan angka kemiskinan harus segera dijawab dengan langkah nyata. Salah satunya dengan terus mendorong pertambahan jumlah wirausaha di Tanah Air secara signifikan.

"Melalui peningkatan jumlah wirausaha diharapkan terbuka lapangan kerja baru yang mampu menjadi salah satu jalan keluar dari ancaman kemiskinan," kata Lestari.

Oleh karena itu, dia ingin berbagai instrumen pendukung dalam upaya mendorong pertambahan jumlah wirausaha harus dipersiapkan dengan baik.

Dia mengatakan harus adanya kolaborasi antarkementerian dan lembaga dalam upaya mendukung penuh realisasi wirausaha muda harus terus diperkuat.

Lestari juga berharap dukungan penuh sistem pendidikan nasional dalam membentuk pola pikir yang menumbuhkan minat kuat para generasi penerus bangsa terhadap dunia wirausaha.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top