Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kebakaran Hutan Berkobar di Australia Timur

Foto : AFP/Aston Brown

Padamkan Api | Sejumlah petugas pemadam kebakaran Australia sedang berupaya memadamkan api ketika terjadi kebakaran hutan di utara Sydney pada pertengahan Juli lalu. Pada Rabu (25/10), lusinan kebakaran hutan juga dilaporkan terjadi di  Negara Bagian Queensland, Australia timur.

A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY -Ratusan petugas pemadam kebakaran pada Rabu (25/10) dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan di Negara Bagian Queensland, Australia timur. Kebakaran terjadi saat suhu yang meningkat dan angin kering sehingga telah memperburuk kondisi yang amat berbahaya selama bertahun-tahun.

Salah satu daerah yang terkena dampak paling parah adalah Western Downs di negara bagian tersebut, sebuah kawasan pertanian dan penghasil buah-buahan penting yang terletak sekitar empat jam perjalanan ke arah barat ibu kota negara bagian Brisbane.

"Sekitar 350 orang menghabiskan Selasa (24/10) malam di pusat evakuasi yang dikelola pemerintah lokal," kata penjabat kepala pengawas pemadam kebakaran Australia timur, Warren Buckley, seraya melaporkan bahwa sebuah kebakaran yang tidak terkendali telah menghanguskan lebih dari 11.000 hektare lahan.

Saat api berkobar, suhu di daerah tersebut mencapai 42 derajat Celsius dan Buckley menyatakan bahwa kondisi tersebut sangat membahayakan bagi petugas pemadam kebakaran.

Pada September lalu, biro cuaca nasional mengkonfirmasikan bahwa pola cuaca El Nino sedang terjadi, yang menyebabkan suhu melonjak sehingga berisiko menyebabkan musim kebakaran hutan yang parah dan kekeringan. SB/AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top