Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penguatan Riset

Jepang Resmikan Reaktor Fusi Nuklir Eksperimental Terbesar di Dunia

Foto : NATIONAL INSTITUTES FOR QUANTUM SCIENCE AND TECHNO

Reaktor fusi nuklir terbesar di dunia milik Jepang.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Jepang, pada Jumat (1/12), meresmikan reaktor fusi nuklir eksperimental terbesar di dunia, sebuah teknologi yang masih dalam tahap awal namun dianggap oleh beberapa orang sebagai jawaban atas kebutuhan energi masa depan umat manusia.

Dikutip dari France 24, fusi berbeda dengan fisi, teknik yang saat ini digunakan di pembangkit listrik tenaga nuklir, dengan menggabungkan dua inti atom, bukan membelah satu inti atom.

Tujuan dari reaktor dengan nama JT-60SA adalah untuk menyelidiki kelayakan fusi sebagai sumber energi bersih yang aman, berskala besar, dan bebas karbon, dengan lebih banyak energi yang dihasilkan daripada yang digunakan untuk memproduksinya.

Mesin setinggi enam lantai itu berada di Naka, utara Tokyo, terdiri dari wadah "tokamak" berbentuk "donat" yang berisi plasma berputar yang dipanaskan hingga 200 juta derajat Celsius (360 juta derajat Fahrenheit).

Ini adalah proyek gabungan antara Uni Eropa dan Jepang, dan merupakan cikal bakal proyek besarnya di Prancis, Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional atau International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) yang sedang dibangun.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top