Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Peringkat Inovasi - RI Peringkat 5 Dunia Kerja Sama Kampus-Industri

Indeks Inovasi Indonesia Naik Signifikan

Foto : Koran Jakarta/Muhamad Ma’rup

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam dan Plt. Sekretaris Jenderal Diktiristek, Kemendikbudristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam Peluncuran Program Dana Padanan 2024, di Jakarta, Selasa (17/10).

A   A   A   Pengaturan Font

Berdasarkan Global Innovation Indek, kemampuan inovasi Indonesia mengalami peningkatan sangat signifikan dengan berada di peringkat 61 di tahun 2023.

JAKARTA - Indeks inovasi Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan. Hal tersebut terlihat dari laporan Global Innovation Index yang menunjukkan peningkatan posisi Indonesia sejak tahun 2020.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam, mengatakan, peningkatan peringkat inovasi Indonesia sangat signifikan. Pada tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat 89 dan tahun 2023 ini naik ke peringkat 61.

"Peringkat Indonesia itu dari tahun 2020 itu peringkat 88-89, naik ke-61 pada 2023. Naik dengan signifikan sekali," ujar Nizam, dalam Peluncuran Program Dana Padanan 2024, di Jakarta, Selasa (17/10).

Dia menerangkan, Global Innovation Index merupakan pemeringkat negara berdasarkan kemampuan inovasi yang dilihat dari beberapa macam parameter. Dia menyebut, kenaikan tertinggi terjadi pada indikator kerja sama antara kampus dengan dunia industri.

"Dari peringkat 35 tahun 2020 sekarang kita menjadi peringkat 5 dunia. Ini yang mengukur bukan saya, bukan dikti, bukan teman-teman kedaireka, tapi Global Innovation Index," tegasnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top