Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pelestarian Lingkungan

Ekonomi Sirkular Atasi Sampah Plastik di Laut

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Upaya mendorong ekonomi sirkular harus lebih dimasifkan lagi agar membantu mengatasi masalah sampah laut. Untuk itu, upaya pencegahan di sisi hulu harus lebih digalakan lagi karena yang terjadi di laut adalah dampak, di hulu merupakan pemicunya.

Demikian intisari diskusi virtual bertajuk Atasi Permasalah Kelautan Global yang digelar FMB9 di Jakarta, Senin (25/9). Acara ini bagian dari Road to AIS (Archipelagic and Island States) Forum 2023 yang akan digelar di Bali pada 11 Oktober mendatang.

CEO Landscape Indonesia, Agus Sari menegaskan apabila kegiatan ekonomi sirkular itu digalakkan di sektor hulu maka efeknya tak hanya membantu mengatasi masalah lingkungan di laut tetapi juga memberi manfaat ekonomi yang tidak sedikit juga.

"Ekonomi sirkular itu memang membantu mengatasi masalah sampah di laut, namun lebih dari itupula ada manfaat ekonomi yang diperoleh, sebab bisa saja melibatkan banyak masyarakat untuk bekerja di dalam proses daur ulang tersebut. Bisa juga sebagiannya melibatkan nelayan," ucap Agus yang merupakan Pengamat Lingkungan itu.

Di sektor hulu, paparnya, ada sejumlah kementerian yang turut bertanggung jawab terhadap proses daur ulang ini baik Kementerian Perindustrian (Kemenperin) maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta lembaga terkait lainnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top