Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

"E-Commerce" Dominasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Foto : ANTARA/Rifqi Raihan Firdaus

Pembeli melakukan pembayaran secara digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Pasar Tradisional Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Kepala Pusat Digital dan UMKM IndefEisha Maghfiruha mengatakan bahwa perdagangandaring atau "e-commerce" masih menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"'E-commerce' di kita ini masih merajai ya mendominasi dari sektor ekonomi digital di Indonesia," kata Eisha dalam diskusi publik yang diselenggarakan secara daring oleh Indef di Jakarta, Kamis.

Eisha mengatakan pada 2023, nilai transaksie-commercedi Indonesia mencapai 62 miliar dolar AS atau tumbuh 18,8 persen dibandingkan 2022.

Ia menambahkan pertumbuhan pesat ekonomi digital ini memberikan peluang besar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis. Namun, menurutnya, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan peluang tersebut.

"UMKM di Indonesia banyak yang berada di sektor perdagangan, yang merupakan sektor yang paling dominan di ekonomi digital. Namun, baru sekitar 22 juta atau 33,6 persen UMKM yang sudahgo digital," kata Eisha.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top