Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Dokter Reisa Broto Asmoro: Kebiasaan Begadang Dapat Merusak Hati

Foto : ANTARA/Galih Pradipta

Dr Reisa Broto Asmoro

A   A   A   Pengaturan Font

Dalam sebuah  diskusi, dokter sekaligus pemerhati kesehatan, Reisa Broto Asmoro, menekankan bahwa kebiasaan begadang menimbulkan sejumlah risiko yang dapat merusak hati

JAKARTA - Dokter sekaligus pemerhati kesehatan, Reisa Broto Asmoro, mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kebiasaan begadang karena kebiasaan tersebut menimbulkan sejumlah risiko yang dapat merusak hati.

"Tidur adalah basic manusia, paling tidak tujuh sampai delapan jam sehari pada malam hari. Kalau badan dipaksa berubah jam tidurnya menjadi bangun, maka dapat mengganggu fungsi metabolisme tubuh," kata dr Reisa dalam diskusi terkait begadang yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (3/10).

Dr Reisa mengatakan kebiasaan begadang dapat mengganggu fungsi organ tubuh. Di mana seharusnya sejumlah organ tubuh seperti hati diistirahatkan pada malam hari agar dapat berfungsi sebagaimana semestinya.

"Karena bagaimana pun, tidur itu untuk kita recharge lagi, kalau fungsi tubuh mau optimal, ya, tidurnya harus cukup," ujar dia.

Dr Reisa mengungkapkan sejumlah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan begadang dapat menimbulkan risiko kerusakan hati. Salah satunya adalah hati yang tidak mampu lagi menyaring racun atau detoksifikasi pada tubuh. Racun yang menumpuk, kata dia, dapat menyebabkan sejumlah permasalahan pada hati seperti hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, hingga kanker hati.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top