Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Biden Berencana Bertemu Xi Jinping November Mendatang

Foto : CNA/Reuters/Kevin Lamarque

Presiden AS Joe Biden saat bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, 14 November 2022.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON: Gedung Putih sedang membuat rencana untuk pertemuan tatap muka antara Presiden AS Joe Biden dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping di San Francisco bulan depan ketika kedua negara berupaya menstabilkan hubungan yang bermasalah, Washington Post melaporkan pada Kamis (5/10).

Hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini tegang dalam beberapa tahun terakhir karena sejumlah masalah termasuk Taiwan, asal mula pandemi Covid-19, tuduhan mata-mata, masalah hak asasi manusia dan tarif perdagangan, dan masih banyak lagi.

Washington Post mengutip salah satu pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan kemungkinan pertemuan itu "cukup kuat".

"Kami sedang memulai proses" perencanaan, kata pejabat tersebut seperti dikutip surat kabar tersebut.

Pertemuan tersebut setelah pertemuan tingkat tinggi lainnya antara kedua negara dalam beberapa bulan terakhir yang ditandai dengan kunjungan pejabat AS ke Tiongkok seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada bulan Juni, Menteri Keuangan Janet Yellen pada bulan Juli, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo pada bulan Agustus.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top