Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

TikTok Ajak Pengguna Bantu Perangi Hoax dan Misinformasi

Foto : istimewa

tiktok

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Media sosial terutama di Indonesia, saat ini dipenuhi dengan kontenhoaxdan misinformasi yang menjadi sorotan banyak mata. Apalagi pada saat memasuki tahun politik media sosial telah dibanjiri informasi yang belum tentu benar dan berpotensi menyesatkan.

Menurut Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), tingkat hoax yang beredar di Indonesia antara Januari hingga November 2023 sudah mencapai angka ribuan. Menurut data TurnBackHoax.id, dari Januari hingga November 2023 tingkat hoax untuk isu politik mencapai 53,9 persen.

"Sedangkan untuk jumlah konten hoax yang beredar mencapai 2.045," papar, Strategic Partnerships Mafindo, Dewi Sari dalam acara Workshop Jurnalis yang digelar Forum Wartawan Teknologi (Forwat) di Jakarta pada Jumat (1/11).

Pada kesempatan yang sama, TikTok sebagai media sosial menegaskan komitmennya untuk melawan penyebaran misinformasi di platform hiburan digital tersebut, baik terkait pemilu maupun isu-isu hangat lainnya. Langkah yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait.

Head of Communications, TikTok Indonesia, Anggini Setiawan, mengungkapkan, ada berbagai upaya yang dilakukan untuk melindungi keamanan pengguna di platform tersebut, mulai dari sisi TikTok itu sendiri dan juga dari sisi pengguna. Upaya dari dua sisi karena untuk memberantas misinformasi tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top