Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Satu Persen Karyawan Disabilitas

Foto : ANTARA/Azmi

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono.

A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG - Setiap perusahaan Tangerang diminta menyediakan lowongan kerja satu persen bagi kelompok penyandang disabilitas. Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono yang dipantau Senin (27/3).

"Kami akan terus mendorong setiap perusahaan Kabupaten Tangerang agar dapat menempatkan satu persen karyawannya adalah penyandang disabilitas," tandas Rudi. Menurut dia, penyediaan kesempatan tenaga kerja satu persen untuk mendorong agar warga dengan kebutuhan khusus bisa mendapat kesempatan yang sama untuk bekerja di beragam perusahaan. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Hak Penyandang Disabilitas untuk Bekerja.

"Di dalam UU tersebut dituangkan pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk bekerja," katanya.
Sejauh ini, menurut Rudi, pemerintah Kabupaten Tangerang terus mendukung dan mendorong warga masyarakat berkebutuhan khusus untuk memperoleh hak dalam bekerja.

Salah satu upayanya dengan terus memfasilitasi rekrutmen untuk para penyandang disabilitas, kemudian membuka Bursa Kerja Khusus (BKK) dan sekolah khusus bagi kelompok disabilitas. Dia juga menyampaikan, hingga kini di Kabupaten Tangerang masih banyak perusahaan belum melaksanakan instruksi dari amanat UU tentang hak penyandang disabilitas tersebut.

Oleh karena itu, dia pun akan berupaya mendorong seluruh perusahaan dapat memberikan satu persen dari jumlah pekerjanya khusus untuk warga disabilitas. Saat ini baru ada 6 perusahaan yang telah melaporkan pencapaian satu persen.

Hal ini akan terus menjadi fokus ke depan. Yang pasti, dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung agar penyandang disabilitas dapat memperoleh akses penuh terhadap pasar tenaga kerja.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top