Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Ketahanan Pangan - Setiap Kecamatan Siapkan Lahan 1.000 Meter

Program Tanam Cepat Panen Disosialisasikan

Foto : Antara

Ilustrasi - Petani saat menyiram tanaman di lahan pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang

A   A   A   Pengaturan Font

Tangerang tidak bisa lagi mengandalkan pe­tani yang sepuh, tapi harus ada regenerasi.

JAKARTA - Program gerakan tanam pangan cepat panen (Gercep) mulai disosialisasikan Pemkab Tangerang ke masyarakat. "Langkah ini sebagai upaya membentuk ketahanan pangan dan pengendalian inflasi," jelas Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, Kamis (4/1).

Dia menuturkan, gerakan tanam pangan cepat telah disosialisasikan ke ASN serta masyarakat melalui Surat Edaran Pj Bupati Tangerang. "Program ini akan kita laksanakan dengan seluruh lapisan masyarakat mencakup 100 desa dari 29 kecamatan," tambah Asep.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan program tersebut, nantinya setiap kecamatan diminta menyiapkan 1.000 meter lahan untuk ditanami cabai. Selain itu, aparatur wilayah setiap kecamatan dapat mengenalkan tentang pertanian ke sekolah-sekolah sebagai upaya menciptakan generasi melek pertanian.

"Maka, kelak kesulitan akan cabe rawit dapat teratasi. Mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga program pertanian bisa dirasakan masyarakat," tutur Asep seperti dikutip Antara. Asep juga akan menjalankan program Santri Tani Milenial. Program ini dilakukan untuk mendorong para santri berkontribusi dalam meningkatkan produksi pertanian melalui rangkaian edukasi dan pelatihan.

Sekarang ada 10 pesantren yang dibina. Mereka didampingi dua pengelola dan satu petani untuk bisa mengembangkan pertanian di daerahnya. Di luar itu, Asep juga akan membina para petani milenial sebagai generasi penyelamat ketahanan pangan Kabupaten Tangerang. Dengan begitu, program Tangerang Mandiri Tahan Pangan (Mantap) dapat terwujud.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Aloysius Widiyatmaka

Komentar

Komentar
()

Top