Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Presiden Biden dan Menlu Tiongkok Bertemu di Gedung Putih

Foto : Antara/Xinhua/ Liu Jie

Presiden AS Joe Biden bertemu Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Gedung Putih di Washington DC, AS, 27 Oktober 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada Jumat (27/10).

Wang pertama-tama menyampaikan salam dari Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada Biden.

Kunjungan yang sedang berlangsung ini, tambah Wang, bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan pihak AS guna menindaklanjuti kesepahaman bersama yang penting yang telah dicapai oleh kedua kepala negara, serta menindaklanjuti pertemuan Xi-Biden di Bali dengan pertemuan di San Francisco, sehingga mencegah hubungan bilateral semakin memburuk dan mengembalikan hubungan Tiongkok-AS ke jalur perkembangan yang sehat dan stabil secepatnya.

Prinsip Satu Tiongkok dan tiga komunike bersama Tiongkok-AS adalah fondasi politik paling penting untuk hubungan bilateral, yang harus ditegakkan tanpa campur tangan, kata Wang.

Tiongkok memperhatikan harapan AS untuk menstabilkan dan meningkatkan hubungan dengan Tiongkok, katanya, seraya menambahkan bahwa kedua belah pihak harus bertindak dengan rasa tanggung jawab terhadap dunia, sejarah, dan masyarakat, serta mendorong perkembangan hubungan Tiongkok-AS yang stabil dan baik yang sejalan dengan tiga prinsip, yakni saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan yang diusulkan oleh Xi.

Hal ini tidak semata-mata demi kepentingan fundamental kedua negara dan bangsa, tetapi juga aspirasi bersama masyarakat internasional, kata Wang.

Sementara itu, Biden menyampaikan ucapan salamnya kepada Xi.

Biden menegaskan bahwa dia memandang penting hubungan AS-Tiongkok, mengungkapkan harapan bahwa AS bersedia untuk tetap berhubungan dengan Tiongkok guna bersama-sama mengatasi tantangan global.

Selama kunjungannya di Washington, Wang juga mengadakan dua putaran pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dan melakukan komunikasi strategis dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top