Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Penelitian Temukan Tes Darah Akurat Diagnosis Alzheimer

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah tes darah baru dapat menawarkan cara yang relatif mudah untuk mengidentifikasi penyakit Alzheimer pada tahap awal, ketika pengobatan bisa lebih efektif. Temuan yang dipublikasikan di JAMA Neurology menunjukkan bahwa pemeriksaan darah, yang mengukur protein spesifik dalam plasma, memiliki tingkat akurasi hingga 95 persen dalam mendeteksi keberadaan jenis demensia yang paling umum ini.

Tes ini mengidentifikasi protein TAU 217 terfosforilasi (p-tau217), yang meningkat di dalam tubuh pada saat yang sama ketika protein beta-amiloid dan tau terakumulasi di dalam otak. Penumpukan beta-amiloid telah lama dikenal sebagai ciri khas penyakit Alzheimer, menurut Asosiasi Alzheimer.

Para penulis studi menemukan, ketepatan tes p-tau217 sebanding dengan metode "standar emas" saat ini untuk mendiagnosis Alzheimer, pencitraan tomografi emisi positron (PET) dan pungsi lumbal (atau keran tulang belakang, seperti yang dirincikan oleh InformedHealth.org), yang digunakan untuk mengambil sampel dan menganalisis cairan serebrospinal.

"Namun, pemindaian PET tidak tersedia secara luas di semua komunitas, dan memerlukan suntikan bahan radioaktif untuk melihat amiloid dan tau di otak, sementara spinal tap bersifat invasif dan memakan waktu," kata Howard Fillit, MD, kepala petugas sains di Alzheimer's Drug Discovery Foundation, dikutip dari Everyday Health, Selasa (30/1).

"Nilai dari tes darah adalah bahwa tes ini dapat dilakukan selama perawatan klinis rutin oleh dokter yang melakukan tes darah setiap saat di kantor mereka," lanjutnya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top