Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Krisis Semenanjung Korea

Penasihat Keamanan AS, Korsel, dan Jepang, Bahas Ancaman Korut

Foto : AFP/South Korean Presidential Office

Pertemuan Penasihat Keamanan | Penasihat Keamanan Korsel, Cho Tae-yong (kanan), bersama Penasihat Keamanan Jepang,  Takeo Akiba, saat bertemu di Seoul, Jumat (8/12). Cho dan Akiba bersama Penasihat Keamanan AS, Jake Sullivan, pada Sabtu (9/12) akan melakukan pertemuan untuk membahas meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Korut. 

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Penasihat keamanan utama dari Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel), dan Jepang pada Sabtu (9/12) akan bertemu untuk membahas meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara (Korut). Hal itu diutarakan oleh kantor Kepresidenan Korsel pada Jumat (8/12).

Pertemuan tersebut yang akan dihadiri oleh Cho Tae-yong dari Korsel, Takeo Akiba dari Jepang, dan Jake Sullivan dari AS, terjadi sekitar sebulan setelah kepala pertahanan ketiga negara sekutu itu sepakat untuk mengaktifkan operasi berbagi data real-time mengenai peluncuran misil Korut mulai Desember ini.

Ketiga negara sekutu tersebut telah memimpin gelombang kecaman global terhadap Korut karena melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB, yang melarang negara tersebut melakukan uji coba menggunakan teknologi balistik, baik yang digunakan dalam misil maupun roket peluncuran luar angkasa.

"Pertemuan mendatang akan membahas cara kerja sama mendalam antara Korsel, AS, dan Jepang, mengenai masalah keamanan regional termasuk Korut, masalah global, dan keamanan ekonomi," kata kantor Presiden Korsel Yoon Suk-yeol dalam sebuah pernyataan.

Pemerintahan konservatif Yoon juga melakukan upaya bersama untuk memperbaiki hubungan yang sempat tegang dengan Jepang, mantan penguasa kolonial negara tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top