Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Wisata Kabupaten Semarang

Pemandian Air Panas dari Zaman Kuno

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Candi Ngempon hampir mirip dengan Candi Songgoriti di Kota Batu. Keduanya memiliki petirtaan berupa pemandian air panas.

Candi Ngempon hampir mirip dengan Candi Songgoriti di Kota Batu. Keduanya memiliki petirtaan berupa pemandian air panas. Selama ini pemandian ini berfungsi sebagai tempat mandi khusus keluarga raja atau bangsawan di samping sebagai tempat pengambilan air suci untuk upacara keagamaan.

Pemandian Air Panas Derekan atau yang juga dinamakan Petirtaan Kuno Derekan bisa dibilang satu paket dengan Candi Ngempon. Untuk masuk ke situs Candi Ngempon harus melewati tempat ini lalu menyeberang Kali Kedungdowo. Jaraknya hanya sekitar 100 meter melewati jalan setapak.

Berbeda dengan Candi Ngempon, lokasi Petirtaan Kuno Derekan berada di Desa Derekan, Pringapus, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Saat ini pemandian air panas ini telah menjadi cagar budaya sehingga keberadaannya harus dilindungi oleh pemerintah.

Petirtaan Kuno Derekan menawarkan suasana desa yang hijau, menyegarkan, dan menyenangkan. Tempat ini menyediakan kolam air panas sebagai tempat berendam dengan harga yang murah meriah. Kandungan belerangnya di petirtaan ini dipercaya dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit kulit.

Kolam utamanya yang memiliki nilai sejarah berada di bawah. Ukurannya 5.9 meter, lebar 5.1 meter, dan kedalaman 1.5 meter. Kolam ini berwarna kuning sehingga tidak cocok lagi untuk mandi dan berendam.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top