Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menlu ASEAN Tegaskan 5PC Tetap Jadi Acuan Atasi Krisis Myanmar

Foto : CNA/AFP

Para menteri luar negeri ASEAN melakukan sesi foto dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menegaskan kembali posisinya bahwa Konsensus Lima Poin (Five-Point Consensus/5PC) tetap menjadi acuan utama untuk mengatasi krisis politik di Myanmar.

Mereka juga mengecam keras tindakan kekerasan yang terus berlanjut, termasuk serangan udara, penembakan artileri, dan penghancuran fasilitas umum.

Para diplomat top ASEAN berada di Jakarta minggu ini untuk pertemuan menteri luar negeri tahunan dan pertemuan terkait, yang diselenggarakan oleh Indonesia sebagai ketua kelompok saat ini.

Dalam komunike bersama yang dikeluarkan Kamis (13/7) malam, para menterimendesak semua pihak yang terlibat untuk mengambil "tindakan nyata untuk segera menghentikan kekerasan tanpa pandang bulu, mengecam setiap eskalasi dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dan dialog nasional yang inklusif".

Myanmar berada dalam krisis sejakmiliter merebut kekuasaan dalam kudeta pada awal 2021 melawan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top