Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kanada Kecam Tiongkok

Foto : ISTIMEWA

kanada marah

A   A   A   Pengaturan Font

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengecam vonis 11 tahun penjara oleh pengadilan Tiongkok pada Rabu terhadap pengusaha Kanada Michael Spavoratas dakwaan spionase. Ini benar-benar tidak dapat diterima. Trudeau menyerukan agar dia segera dibebaskan.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beijing juga mengutuk hukuman itu dalam sebuah pernyataan. Mereka mengatakan proses hukum terhadap Spavor dan warga Kanada lainnya yang didakwa melakukan spionase adalah upaya memanfaatkan manusia sebagai daya tawar.

Kasus-kasus spionase menjadi bagian dalam pertikaian diplomatik lebih luas yang melibatkan Washington dan Beijing. Hukuman terhadap Spavor dijatuhkan ketika pengacara di Kanada, yang mewakili kepala keuangan raksasa telekomunikasi Huawei, melakukan upaya terakhir untuk meyakinkan pengadilan agar tidak mengekstradisi dia ke AS.

"Hukuman dan dakwaan Tiongkok terhadap Michael Spavor benar-benar tidak dapat diterima dan tidak adil," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan.

Putusan untuk Tuan Spavor muncul setelah lebih dari dua setengah tahun penahanan sewenang-wenang, kurangnya transparansi dalam proses hukum, dan persidangan yang bahkan tidak memenuhi standar minimum yang disyaratkan oleh hukum internasional. Trudeau menyerukan pembebasan Spavor dan mantan diplomat Kanada Michael Kovrig,yang sedang menunggu vonis dalam kasus spionasenya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top