Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebijakan Pemerintah I Nusantara Akan Jadi Contoh Pengembangan Kota Hijau

“Hydropower" Sungai Kayan Dapat untuk Memasok Listrik IKN

Foto : ISTIMEWA

BASUKI HADIMULJONO Menteri PUPR - Pemerintah membangun kawasan industri energi hijau dengan menggunakan sumber energi hydropower dari Sungai Kayan di Kalimantan Utara.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Beroperasinya hydropower dari Sungai Kayan, Kalimantan Utara, dapat menjadi salah satu sumber pasokan listrik untuk Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Utara. Potensi listrik yang dihasilkan dari hydropower tersebut sekitar 1.375 gigawatt (GW).

"Energi listrik yang dihasilkan hydropower dari Sungai Kayan, Kalimantan Utara, tidak hanya untuk melayani kawasan industri energi hijau di Kalimantan Utara, namun juga bisa menjadi salah satu sumber pasokan listrik untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam seminar yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (22/11).

Seperti dikutip dari Antara, Basuki mengatakan hydropower dari Sungai Kayan tersebut bisa memasok listrik ke kawasan industri energi hijau Kalimantan Utara.

"Pemerintah membangun kawasan industri energi hijau dengan menggunakan sumber energi hydropower dari Sungai Kayan di Kalimantan Utara," katanya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, IKN menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top