Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Dua Temuan di Situs Kuno Turki Jadi Petunjuk tentang Sejarah Manusia

Foto : AFP

Seorang pria mengamati patung manusia yang ditemukan di situs arkeologi Karahantepe di Sanliurfa, Turki, Senin pekan lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

TURKI - Hamparan kering di tenggara Turki, lokasi beberapa situs kuno, membawa penemuan baru dalam bentuk lingga batu dan babi hutan berwarna.

Bagi para peneliti, pahatan patung seorang pria yang memegang lingga dengan dua tangan sambil duduk di atas bangku berhiaskan macan tutul, merupakan petunjuk baru dalam teka-teki awal mula kita.

Karya setinggi 2,3 meter (7,5 kaki) ini ditemukan pada akhir September di Karahantepe, di jantung kompleks sekitar 20 situs yang merupakan rumah bagi ribuan orang selama Zaman Batu.

Karahantepe adalah bagian dari jaringan di sekitar Gobekli Tepe yang terdaftar di UNESCO, tempat nenek moyang prasejarah kita berkumpul untuk beribadah lebih dari 7.000 tahun sebelum Stonehenge atau piramida Mesir paling awal.

Necmi Karul, kepala departemen prasejarah di Universitas Istanbul, menemukan patung yang roboh itu pecah menjadi tiga bagian.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top