Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Cek Penerima Diskon Listrik sampai Desember 2021 ? Simak Cara Berikut Ini

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah kembali memperpanjang pemberian diskon tarif listrik PLN untuk Pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA subsidi akan mendapat diskon tarif listrik dari pemerintah sampai Desember 2021.

"Diskon listrik yang harusnya selesai bulan September untuk 32,6 juta pelanggan (450 dan 900 VA), kita akan perpanjang sampai bulan Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers PPKM Darurat, Sabtu, 17 Juli 2021.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril menyampaikan, pemerintah berkomitmen memberikan keringanan pembayaran/pembelian listrik bagi rumah tangga kecil, pelaku usaha kecil dan menengah.

"Pemerintah juga telah memperpanjang pemberian stimulus listrik hingga Desember 2021. Kami PLN siap menyalurkannya," kata Bob Saril dalam keterangannya, Jumat, 23 Juli 2021.

Melalui keterangan tertulis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, pada Sabtu (24/7/2021), pemerintah telah memperpanjang pemberian stimulus periode Juli- September 2021, hingga bulan Desember 2021 besaran diskon listrik PLN.

Berikut kriteria penerima bantuan diskon tarif listrik adalah sebagai berikut

  • Pelanggan golongan rumah tangga 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, industri kecil daya 450 VA dengan diskon 50% maksimal pemakaian 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga 900 VA bersubsidi dengan diskon 25% maksimal pemakaian 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban (abonemen) serta pembebasan ketentuan rekening minimum 50% untuk pelanggan industri, sosial, dan bisnis.

Sedangkan untuk pengguna pascabayar, diskon yang diberikan berupa potongan tagihan rekening listrik. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik akan diberikan saat pembelian token listrik.

Berbeda dari sebelumnya, diskon listrik bulan Juli-Desember 2021 bisa didapat saat membeli token listrik tidak perlu lagi mengakses token di website maupun WA..

"Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website maupun layanan Whatsapp Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik," ujar Bob Saril

Diketahui, penerima stimulus ketenagalistrikan sudah mencapai lebih dari 32 juta pelanggan dalam semester I tahun ini. Untuk total anggaran sebesar Rp 11,72 triliun hingga Desember 2021 untuk pemberian stimulus pada program ketenagalistrikan.

Untuk mengetahui apakah kamu terdaftar sebagai penerima diskon atau tidak, berikut cara cek penerima diskon tarif PLN.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile
  • Buka PLN Mobile, lalu pilih Info Stimulus
  • Kemudian, masukan nomor meter/ID pelanggan, lalu klik 'Kirim'
  • Tunggu hingga muncul informasi data penerimaan stimulus saat masa diskon tarif

Untuk info selengkapnya mengenai stimulus ketenagalistrikan dapat diakses dilihat pada laman esdm.go.id atau pln.co.id.




Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top