Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Asupan Mikronutrien yang Cukup Kunci Kecerdasan Anak

Foto : istimewa

Sumber makanan yang mengandung mikronutrien. umber makanan yang mengandung mikronutrien. (Istimewa)

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Saat ini perkembangan teknologi digital sudah berkembang sedemikian maju. Salah satu bukti dari pesatnya perkembangan teknologi adalah munculnya kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Penggunaan teknologi AI di kalangan anak-anak membuat banyak orang tua khawatir. Salah satu yang menjadi keresahan adalah apakah anaknya akan mampu bersaing memperoleh lapangan pekerjaan yang baik di kemudian hari nantinya.

Kekhawatiran orang tua sebetulnya cukup beralasan bila. Data Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2022 menunjukkan anak Indonesia memiliki nilai lebih rendah dibandingkan rerata seluruh dunia baik di bidang matematika, membaca dan sains.

"Oleh karena itu orang tua perlu mempersiapkan anak sejak dini yaitu dengan memastikan perkembangan kognitif yang optimal khususnya di 1.000 hari pertama kehidupan (1.000 HPK)," kata dr.Herbowo Agung F Soetomenggolo, Sp.A(K), seorang dokter spesialis anak Konsultan Neurologi di RSU Hermina Jatinegara, RSIA Bunda Jakarta dan Brawijaya Hospital Saharjo melalui siaran pers Minggu (18/2).

Ia menerangkan, perkembangan otak manusia 80 persen terjadi di masa 1.000 HPK, dan 20 persen sisanya terjadi hingga dewasa. Untuk mengoptimalkan perkembangan otak, ternyata gizi memegang peranan yang penting.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top