Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS-Inggris Desak Hong Kong Bebaskan Tokoh Media Jimmy Lai

Foto : AP/Kin Cheung

Pendiri Apple Daily Jimmy Lai dikawal petugas Lembaga Pemasyarakatan menaiki mobil penjara sebelum menghadiri sidang di pengadilan Hong Kong, 12 Desember 2020.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Amerika Serikat pada Minggu (17/12) menyerukan pembebasan segera taipan media pro-demokrasi Hong Kong Jimmy Lai sebelum diadili atas tuduhan keamanan nasional yang dapat membuatnya dipenjara seumur hidup.

Lai (76) mendirikan media berbahasa Mandarin Apple Daily yang sekarang sudah tutup. Surat kabar itu sering mengecam Beijing dan mendukung gerakan protes besar-besaran yang mengguncang Hong Kong pada 2019.

Dia dituduh melakukan "kolusi" dengan pasukan asing berdasarkan undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan Beijing di pusat keuangan tersebut pada 2020.

Sidang Lai dibuka hari ini, Senin (18/12), di Hong Kong. Lai akan diadili tanpa juri dan tidak mendapatkan pengacara pilihannya.

"Amerika Serikat mengutuk dakwaan terhadap advokat pro-demokrasi dan pemilik media Jimmy Lai di Hong Kong berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional yang diberlakukan RRT," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam sebuah pernyataan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top