Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
IKN Nusantara

Wilayah Industri Bisa Manfaatkan Energi dari Sampah

Foto : ANTARA/Aji Cakti

Tangkapan layar - Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (29/11).

A   A   A   Pengaturan Font

Wilayah Industri Bisa Manfaatkan Energi dari Sampah

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara mengungkapkan program pengolahan sampah menjadi energi (waste to energy) dapat dimanfaatkan di wilayah industri Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pemanfaatan sampah-sampah ini juga dapat diubah menjadi energi, maka prinsip penggunaan sampah untuk energi nantinya diterapkan di wilayah industri IKN. Dengan demikian, di wilayah industri tersebut penerapan sampah menjadi energi (waste to energy) bisa dapat dilaksanakan," kata Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (29/11).

Agus juga mengatakan, ketika membahas tentang energi, tentu saja perlu juga untuk membahas beberapa sumber energi yang mungkin menjadi cadangan ataupun pemanfaatan dari sektor lainnya, misalnya sektor limbah.

Selain berusaha untuk tidak terjadinya timbunan sampah yang besar atau agar masyarakat untuk tidak memproduksi sampah yang baru di IKN, maka sampah yang sudah terbentuk perlu diubah menjadi energi, selain dilakukan digunakan ulang (reuse) atau didaur ulang (recycle).

"Ini menjadi penerapan maupun penggunaan energi baru terbarukan (EBT) pada industri, kemudian juga menjadi isu untuk aksi mitigasi, kemudian menjalankan ekonomi sirkuler dari sektor limbah," kata Agus.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top