Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok Kecam Biden Samakan Xi Jinping dengan Diktator

Foto : ANTARA/REUTERS/Kevin Lamarque

Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, (14/11/2022).

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Rabu (21/6) mengecam komentar Presiden AS Joe Biden yang menyamakan pemimpin Tiongkok Xi Jinping dengan diktator, sebagai 'provokasi politik terbuka'.

Saat berbicara di acara penggalangan dana di California pada Selasa, Biden mengatakan Xi marah atas insiden Februari ketika sebuah balon Tiongkok - yang menurut Washington digunakan untuk memata-matai - terbang di atas Amerika Serikat sebelum ditembak jatuh oleh jet militer Amerika.

Komentar Biden disampaikan beberapa hari setelah Menlu AS Antony Blinken mengakhiri kunjungan ke Beijing yang bertujuan membangun kembali jalur komunikasi untuk menghindari konflik antara dua kekuatan global.

"Alasan mengapa Xi Jinping menjadi sangat kesal ketika saya menembak jatuh balon itu dengan dua mobil boks yang penuh dengan peralatan mata-mata adalah dia tidak tahu itu ada di sana," kata Biden.

"Saya serius. Itu sangat memalukan bagi para diktator, ketika mereka tidak tahu apa yang terjadi."
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top