Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Inovasi Kesehatan

Terapi Gen dapat Sembuhkan Tunarungu pada Anak

Foto : HANDOUT / CHILDREN’S HOSPITAL OF PHILADELPHIA / AF

Aissam Dam (ketiga dari kiri), menerima pengobatan terapi gen, Youssef Dam, ayah Aissam, dan Jenna Duerr AuD, CCC-A, audiolog di Children’s Hospital of Philadelphia, Selasa (23/1).

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Seorang anak laki-laki penderita tunarungu berusia 11 tahun di Amerika Serikat (AS), baru-baru ini dapat mendengar suara untuk pertama kali dalam hidupnya setelah menerima inovasi terapi gen.

Dikutip dari The Straits Times, Rumah Sakit Anak Philadelphia atau Children's Hospital of Philadelphia (Chop) melakukan pengobatan pertama di AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (23/1) bahwa pencapaian tersebut mewakili harapan bagi pasien tunarungu di seluruh dunia yang mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh mutasi genetik.

Menurut Chop, anak bernama Aissam Dam itu terlahir "sangat tuli" karena kelainan yang sangat langka pada satu gen.

"Terapi gen untuk gangguan pendengaran adalah sesuatu yang telah kami upayakan sebagai dokter dan ilmuwan selama lebih dari 20 tahun, dan akhirnya sampai di sini," kata ahli bedah John Germiller, Direktur Penelitian Klinis untuk Divisi Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Chop.

"Meskipun terapi gen yang kami lakukan pada pasien kami bertujuan untuk memperbaiki kelainan pada satu gen yang sangat langka, penelitian ini mungkin membuka pintu bagi penggunaan di masa depan untuk lebih dari 150 gen lain yang menyebabkan gangguan pendengaran pada masa kanak-kanak."
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top