Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

SpaceX Targetkan Uji Terbang Keempat Megarocket Starship

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX dikabarkan akan kembali meluncurkan Starship yang keempat kalinya, sebuah kendaraan raksasa yang sedang dikembangkan untuk membawa manusia dan kargo ke bulan, Mars, dan seterusnya. Peluncuran tersebut ditargetkan akan dilakukan pada 5 Juni mendatang.

Namun, Spacex masih harus mendapatkan persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), terutama untuk modifikasi lisensi peluncuran Starship. Setelah dokumen diterima dan tak ada masalah teknis yang muncul, Starship akan diluncurkan dari situs Starbase SpaceX di Texas Selatan, selama periode waktu yang dibuka pada pukul 8 pagi EDT (1200 GMT; 7 pagi waktu setempat di Texas).

Starship setinggi 400 kaki (122 meter) telah terbang tiga kali hingga saat ini, pada bulan April 2023, November 2023, dan 14 Maret tahun ini. Pesawat megaroket ini telah menunjukkan performa yang lebih baik dalam setiap penerbangan berturut-turut.

Dua tahap Starship yang dikenal sebagai Super Heavy dan Starship, atau hanya Ship - gagal terpisah pada misi debutnya, yang berakhir setelah hanya empat menit. Pemisahan tahap berhasil terjadi pada Penerbangan 2, yang berlangsung sekitar delapan menit. Penerbangan 3 berlanjut selama hampir 50 menit dan melihat Ship mencapai kecepatan orbit; berakhir ketika Ship pecah saat masuk kembali ke atmosfer Bumi. Super Heavy juga pecah saat mendekati akhir pendaratannya menuju rencana pendaratan di Teluk Meksiko.

"Uji coba penerbangan keempat mengubah fokus kami dari mencapai orbit menjadi mendemonstrasikan kemampuan untuk kembali dan menggunakan kembali Starship dan Super Heavy," tulis SpaceX dalam deskripsi misi, dikutip dari laman Space, Selasa (28/5).
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top