Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Rusia Klaim telah Berhasil Uji Coba Rudal Jelajah Bertenaga Nuklir

Foto : AP/Sputnik/Kremlin Pool/Grigory Sysoyev

Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara di pertemuan tahunan Klub Diskusi Valdai di resor Laut Hitam Sochi, Rusia, Kamis, 5 Oktober 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

MOSKOW - Rusia telah berhasil menguji coba rudal jelajah bertenaga nuklir eksperimental, kata Presiden Vladimir Putin pada Kamis (5/10) , sekaligus memperingatkan bahwa parlemen negara itu dapat mencabut ratifikasi perjanjian larangan uji coba nuklir.

Diberitakan Assoctiated Press, dalam pidatonya di forum pakar kebijakan luar negeri, Putin mengumumkan Rusia telah secara efektif menyelesaikan pengembangan rudal jelajah Burevestnik dan rudal balistik antarbenua berat Sarmat dan akan berupaya memproduksinya.

"Kami berhasil melakukan uji coba terakhir rudal jelajah global bertenaga nuklir Burevestnik," katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.Pernyataannya merupakan pengumuman pertama keberhasilan pengujian Burevestnik, yang diterjemahkan sebagai "Storm Petrel."Hal ini pertama kali disebutkan Putin pada 2018.

Sedikit yang diketahui tentang Burevestnik, yang diberi nama kode Skyfall oleh NATO, dan banyak pakar Barat yang skeptis terhadap hal tersebut, dan menyatakan bahwa mesin nuklir bisa jadi sangat tidak dapat diandalkan.

Rudal ini diyakini mampu membawa hulu ledak nuklir atau hulu ledak konvensional, dan berpotensi bertahan lebih lama dibandingkan rudal lainnya dan menempuh jarak lebih jauh berkat tenaga penggerak nuklir.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top