Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Rakyat Taiwan Memberikan Suara dalam Pemilu Penting di Bawah Ancaman Tiongkok

Foto : livemint/reuters

Lai Ching-te, wakil presiden Taiwan dan kandidat presiden dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa memberikan suaranya di TPS dalam pemilihan presiden dan parlemen di Tainan, Taiwan 13 Januari 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

TAIPEI - Jutaan warga Taiwan pergi ke tempat pemungutan suara pada Sabtu (13/1) ini untuk memilih presiden di tengah ancaman dari Tiongkok bahwa pemilihan pemimpin yang salah dapat memicu perang di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut.

Beijing mengecam kandidat terdepan Lai Ching-te, wakil presiden saat ini, sebagai seorang "separatis" yang berbahaya pada hari-hari menjelang pemungutan suara, dan pada malam pemungutan suara, kementerian pertahanannya berjanji akan "menghancurkan" setiap langkah menuju kemerdekaan Taiwan.

Komunis Tiongkok mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dipisahkan dari daratan oleh selat sepanjang 180 km (110 mil), sebagai wilayahnya, dan mengatakan pihaknya tidak akan mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mewujudkan "unifikasi", bahkan jika konflik tampaknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. .

Pemungutan suara dimulai pada pukul 8.00 pagi di hampir 18.000 tempat pemungutan suara di seluruh pulau, hampir 20 juta orang berhak memberikan suara.

Di sebuah sekolah di Taipei, profesor Karen yang berusia 54 tahun adalah orang pertama yang memasuki TPS .
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top