Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

PIS Berpotensi Kuasai Pasar Internasional

Foto : Istimewa

Salah seorang pegawai PIS menjelaskan fungsi Teknologi Augmented Reality (AR) untuk safety disaksikan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi (kanan).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah mendorong PT Pertamina International Shipping (PIS) untuk menjaga momentum dalam berekspansi bisnis. Sebagai perusahaan logisitik energi terbesar di Indonesia, PIS dinilai wajar menguasai pasar regional.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antoni Arif Priadi mengungkapkan, sebagai perusahaan logistik yang mengangkut bahan bakar, PIS bisa menangkap peluang bisnis di luar negeri. Apalagi saat ini, wilayah Indonesia sudah dikuasai oleh PIS, maka sudah saatnya melebarkan sayap lebih gencar ke luar negeri.

"Kalau PIS kan perusahaan pengangkut bahan bakar ya. Ke depan dia harus main di regional dan internasional. Harus ekspansi, paling enggak di kawasan regional ASEAN ekspansinya," kata Antoni saat ditemui di Booth PIS di sela-sela perayaan Hari Pelaut Sedunia di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Selasa (25/6).

Antoni menilai, PIS punya keunggulan yang tidak dimiliki perusahaan lain, yaitu posisinya sebagai BUMN. Untuk itu, PIS diyakini bisa berakselerasi dalam mencapai target maupun melakukan ekspansi bisnis. "Kan sebenarnya dia full BUMN, dia juga harus bisa mengembangkan diri. Creating value," kata Antoni.

PIS memang jadi salah saru Subholding Pertamina yang paling moncer kinerjanya. Dari sisi kinerja keuangan, PIS sukses mencetak laba sebesar US$330 juta sepanjang tahun 2023 atau naik sebesar 60,94% dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian ini salah satunya didorong oleh third party revenue atau pendapatan pihak ketiga yang porsinya meningkat dari 14% di tahun 2022 menjadi 19% di tahun 2023.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top