Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pelestarian Satwa I Penyu Hijau Terancam Punah

Perubahan Iklim Ancam Kehidupan Ikan Air Tawar

Foto : ISTIMEWA

GRETHEL AGUILAR Direktur Jenderal IUCN - Perubahan iklim mengancam keanekaragaman kehidupan yang ada di planet kita dan melemahkan kapasitas alam untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

A   A   A   Pengaturan Font

Seperempat spesies ikan air tawar di seluruh dunia terancam punah akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

DUBAI - Penilaian yang diterbitkan oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam atau International Union for Conservation of Nature (IUCN), pada hari Senin (11/12), menyebutkan seperempat spesies ikan air tawar di seluruh dunia terancam punah, menyoroti meningkatnya dampak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia terhadap satwa liar di planet ini.

Dikutip dari The Straits Times, IUCN juga memperbarui daftarnya untuk mencerminkan ancaman perubahan iklim terhadap Salmon Atlantik, penyu hijau, dan pohon mahoni berdaun besar.

"Perubahan iklim mengancam keanekaragaman kehidupan yang ada di planet kita dan melemahkan kapasitas alam untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia," kata Direktur Jenderal IUCN, Grethel Aguilar, dalam sebuah pernyataan.

Dari hampir 15.000 spesies ikan air tawar yang dinilai, 25 persennya berisiko punah dan setidaknya 17 persen di antaranya menderita akibat perubahan iklim, termasuk fluktuasi permukaan air dan pergeseran musim.

IUCN mengurutkan risiko kepunahan suatu spesies dalam sembilan kategori mulai dari tidak dievaluasi hingga punah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top