Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sejarah Turki

Pernah Mengalami Kebakaran Hebat

Foto : Türkiye Tourism Promotion
A   A   A   Pengaturan Font

Masa kejayaan Gordion terjadi pada Zaman Besi, setelah pecahnya Kerajaan Het. Ketika situs tersebut muncul sebagai ibu kota negeri Frigia, salah satu negara paling kuat yang berkembang di Anatolia.

Masa kejayaan Gordion terjadi pada Zaman Besi, setelah pecahnya Kerajaan Het. Ketika situs tersebut muncul sebagai ibu kota negeri Frigia, salah satu negara paling kuat yang berkembang di Anatolia. Di sini terjadi transformasi geopolitik dengan diperkenalkannya bahasa asing ke Anatolia tengah yang disebut Phrygian. Kemungkinan bahasa itu merupakan bahasa elite asing penakluk dari Balkan melalui Anatolia barat laut.

Midas Agung, atau Mita sebagaimana disebut dalam catatan kekaisaran Asiria kontemporer pada akhir abad ke-8 SM, adalah satu-satunya penguasa Frigia yang diketahui secara pribadi dan signifikan. Bagi bangsa Asiria, ia adalah saingan terkuat bagi ambisi mereka di Anatolia pada saat itu.

Program-program ini yang paling terpelihara dan paling dipahami terdapat dalam apa yang disebut Tingkat Kehancuran Frigia Awal, bertahun sekitar 800 SM. Peristiwa ini berakhir dengan kebakaran besar, yang menghancurkan sebagian benteng namun mengakibatkan ribuan artefak terpelihara secara luar biasa.

Benda-benda tersebut dibiarkan terbengkalai di tempat mereka disimpan atau digunakan pada saat itu, khususnya di serangkaian bengkel tekstil yang terhubung dengan dapur dan unit penyimpanan yang terpasang. Tingkat kebakaran ini, semacam fenomena "Pompeii," memberikan wawasan yang tak tertandingi mengenai organisasi dan aktivitas pusat kerajaan Zaman Besi.

Setelah kebakaran, benteng tersebut segera dibangun kembali, dalam rancangan yang hampir sama dengan operasi konstruksi besar-besaran yang melibatkan impor material dan pemadatan ribuan ton tanah. Bahan bangunan itu untuk mempersiapkan permukaan bangunan baru yang lebih tinggi di atas sisa-sisa tingkat kehancuran.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top