Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemindahan Ibu Kota I Perekonomian di Dekat Nusantara Akan Meningkat

Penyediaan Faskes di Daerah Sekitar IKN Jangan Timpang

Foto : SETNEG.GO.ID

JAYA MUALIMIN Kadinkes Kalimantan Timur - Kami memberikan masukan untuk tidak hanya memindahkan, tetapi juga mengubah kualitas fasilitas kesehatan di area tersebut lebih merata.

A   A   A   Pengaturan Font

Penyediaan fasilitas kesehatan di wilayah IKN Nusantara diminta tidak timpang dengan yang ada di daerah pendukung di sekitarnya.

SAMARINDA - Penyediaan fasilitas kesehatan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diminta tidak timpang dengan yang ada di daerah pendukung di sekitarnya. Otorita IKN diharapkan mempunyai perencanaan matang dalam pengembangan infrastruktur kesehatan, termasuk relokasi sejumlah fasilitas yang berdekatan dengan IKN, di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kota Samarinda dan Balikpapan.

"Kami memberikan masukan untuk tidak hanya memindahkan, tetapi juga mengubah kualitas fasilitas kesehatan di area tersebut lebih merata yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur, Jaya Mualimin, selepas berpartisipasi secara daring diskusi kelompok terarah tentang peta fasilitas pelayanan kesehatan IKN, di Samarinda, Kamis (8/12).

Seperti dikutip dari Antara, salah satu fokus utama adalah Rumah Sakit Umum Daerah di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara menyusul pembangunan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

Perencanaan terhadap penyediaan fasilitas kesehatan itu harus melibatkan Otoritas IKN untuk memastikan rumah sakit yang dibangun oleh pemerintah pusat di wilayah tersebut akan dikelola secara baik dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak otorita.

"Kami juga menyatakan ke Otorita IKN agar mendatangkan dokter-dokter yang berkompeten dan memastikan fasilitas dan peralatan yang digunakan sudah canggih pada faskes di sana," kata Jaya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top