Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Penyakit Jantung Sebelum Usia 45 Tahun Tingkatkan Risiko Demensia

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan penyakit jantung koroner yang diderita seseorang sebelum usia 45 tahun dapat meningkatkan risiko demensia di kemudian hari.

Diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association pada 29 November 2023, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan risiko demensia dengan penyakit jantung yang muncul lebih awal. Didiagnosis dengan penyakit jantung juga menunjukkan adanya korelasi dengan risiko penyakit Alzheimer dan demensia vaskular.

Ada 432.667 partisipan dalam penelitian ini dan dari mereka, 5.876 kasus demensia, 2.540 kasus penyakit Alzheimer, dan 1.220 kasus demensia vaskular dilaporkan dalam waktu 13 tahun masa tindak lanjut.

Melalui data ini, para peneliti melihat adanya hubungan antara demensia dan risiko Alzheimer dengan mereka yang memiliki penyakit jantung. Studi ini menemukan bahwa peserta yang menderita penyakit jantung koroner sebelum usia 45 tahun memiliki peningkatan risiko demensia sebesar 36%, peningkatan risiko Alzheimer sebesar 13%, dan risiko demensia vaskular sebesar 78%. Risiko demensia lebih tinggi ketika partisipan memiliki penyakit jantung yang muncul lebih awal, dan seorang penulis studi menjelaskan temuan ini dalam sebuah rilis.

"Yang paling mengejutkan kami adalah hubungan linier antara usia onset penyakit jantung koroner dan demensia," kata Fanfan Zheng, Ph.D., penulis studi senior dan peneliti, dikutip dari Eating Well, Selasa (5/12).
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top