Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Ekonomi Kerakyatan

Pemerintah Perlu Akselerasi Digitalisasi UMKM

Foto : ISTIMEWA

Men­KopUKM, Teten Masduki.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah perlu mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk merambah platform digital. Langkah itu dimaksdukan agar UMKM bisa meningkatkan omzet melalui akses pasar yang lebih luas di lokapasar atau marketplace.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Hasran menyebut lokapasar membantu UMKM untuk memperluas jaringan bisnis dan memicu pertumbuhan dengan mempermudah interaksi dengan pelanggan secara daring.

"UMKM juga dapat menggunakan lokapasar untuk meningkatkan ekspor dan memangkas biaya pemasaran. Lokapasar juga mempermudah administrasi dan manajemen transaksi sehingga UMKM dapat lebih fokus mengembangkan produk dan layanannya," katanya lewat keterangan di Jakarta, Kamis (11/1).

Meski manfaatnya besar, dalam catatan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Massuki pada Agustus 2023, baru 22 juta UMKM di Indonesia yang terkoneksi digital. Padahal diperkirakan terdapat 64,19 juta UMKM di Indonesia.

Angka-angka tersebut menunjukkan baru sekitar 34 persen saja dari jumlah pelaku UMKM di Indonesia yang sudah menggunakan platform e-commerce. Rendahnya partisipasi UMKM dalam platform e-commerce disebabkan oleh beberapa faktor yang menghambatnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top