Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Paradiplomasi, Bagaimana Pemda Berperan sebagai Aktor Diplomasi Internasional

Foto : bandung.go.id

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna bertemu dengan Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia HE Ina Lepe pada 25 November 2022. Kota Bandung dan Braunschweig menjalin kerja sama sister city di bidang ekonomi perdagangan, industri, dan kepariwisataan.

A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah daerah selama ini berkontribusi langsung dalam meningkatkan hubungan bilateral melalui berbagai macam kerja sama hingga pertemuan tingkat tinggi.

Ayu Anastasya Rachman, Universitas Bina Mandiri Gorontalo

Dalam konteks diplomasi dan praktik Hubungan Internasional masa kini, pemerintah pusat tidak lagi menjadi satu-satunya pemegang kendali. Aktor subnasional seperti pemerintah daerah maupun daerah otonomi khusus, memiliki kepentingan dan peran masing-masing yang mampu memengaruhi perilaku negara dalam membangun kerja sama global.

Salah satu contoh praktiknya adalah ketika pemerintah pusat Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump memutuskan menarik AS dari Perjanjian Paris tentang perubahan iklim pada tahun 2017.

Merespons langkah Trump tersebut, 12 gubernur negara bagian membentuk Aliansi Iklim untuk menolak keputusan itu. Lebih dari 400 wali kota (termasuk dari sepuluh kota terpadat di AS) menyatakan tetap mendukung isi Perjanjian Paris secara mandiri. Komitmen mereka malah meningkat, misalnya dengan menambah investasi besar dalam pengadaan transportasi umum yang lebih bersih tanpa emisi.

Di Indonesia, kerja sama pemerintah daerah dengan pemerintah daerah di luar negeri dapat memenuhi kebutuhan alat kesehatan dan vaksin pada masa pandemi COVID-19.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top