Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pakaian Bekas Tampil Berkelas dengan Sentuhan "Secret Styled" dari Mahasiswa UNY

Foto : istimewa

Tim secret styled dari UNY.

A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Fast fashion merupakan karakteristik tren mode yang cepat berubah dengan harga pakaian yang murah sehingga mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak pakaian baru. Minat yang tinggi terhadap fast fashion mengakibatkan lonjakan besar dalam volume impor pakaian bekas di Indonesia.

Menurut siaran persnya, Kamis (30/11), di Indonesia jumlah limbah pakaian bekas mencapai sekitar 1,7 juta ton setiap tahun dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menyebabkan kerusakan lingkungan alam yang terus berkelanjutan.

Oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY membuat produk pakaian yang berfokus pada penggabungan budaya dan kesadaran lingkungan menggunakan bahan dasar dari pakaian bekas layak pakai dan jarik kain batik khas Yogyakarta yang tidak terpakai lagi.

Para mahasiswa yang terdiri dari Mustika Natalia prodi Pendidikan Sosiologi, Alifia Salsabiila prodi Pendidikan Ekonomi, Hasna Putri Nurlaila prodi Pendidikan Geografi serta Asni Muslimah dan Novita Dewi Sulistyowati prodi Pendidikan Teknik Busana menggagas secret styled yaitu inovasi modifikasi metode mix and match dan custom-made berbahan dasar pakaian layak pakai yang sudah disortir untuk menjaga kualitas produk pakaian.

Packaging yang digunakan juga ramah lingkungan dengan box pakaian sustainable dan kain goni sebagai pembungkus produk.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Marcellus Widiarto

Komentar

Komentar
()

Top