Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Cadangan Pangan - BPS Sebut Produksi Beras Bulanan di Bawah Rerata Konsumsi

Optimalkan Serapan Hasil Petani

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Perum Bulog dan BUMN pangan perlu bersiap menyerap hasil produksi petani dengan harga yang baik.

JAKARTA - Pemerintah menegaskan pemenuhan stok Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari produksi dalam negeri terus didorong melalui optimalisasi serapan hasil produksi petani pada musim panen mendatang.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas/ NFA), Arief Prasetyo Adi, dalam diskusi ketahanan pangan, Sabtu (6/1), di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, dikutip dari keterangan resmi Bapanas.

Baca Juga :
Pergeseran Pola Tanam

"Sebetulnya yang paling penting adalah adanya kepastian offtake hasil produksi petani dan peternak kita, sehingga sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, silakan sedulur petani dan peternak berproduksi. Nanti BUMN pangan ditugaskan untuk menyerap dengan fungsinya sebagai standby buyer," ujar Arief.

Arief meminta Perum Bulog dan BUMN pangan untuk bersiap menyerap hasil produksi petani dengan harga yang baik. "Nanti jika sudah waktunya, Perum Bulog bersinergi dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan koperasi untuk menyerap hasil produksi petani," kata Arief.

Untuk penyerapan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menetapkan plafon pinjaman yang dapat diberikan subsidi bunga dengan skema penjaminan dari pemerintah. Pinjaman hingga 28,7 triliun rupiah adalah yang dapat diberikan subsidi bunga oleh pemerintah kepada BUMN Pangan, yaitu Perum Bulog dan ID FOOD.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top