Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menko Marves Tegaskan Realisasi Sektor Maritim Kunci Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Foto : antarafoto

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya di 2nd Edition Marine Spatial Planning and Services Expo 2023, di Jakarta, Selasa (19/9).

A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan realisasi potensi di sektor maritim menjadi kunci penting untuk menjadi negara berpendapatan tinggi.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan realisasi potensi di sektor maritim menjadi kunci penting untuk menjadi negara berpendapatan tinggi.

Luhut menyebut Indonesia punya visi besar untuk bisa keluar menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045. Namun tidak hanya itu, Indonesia juga berkeinginan untuk menjadi Pusat Peradaban Maritim Dunia.

"Untuk mewujudkan visi tersebut bukanlah hal yang mudah. Kita butuh tumbuh di kisaran 6 persen dari pertumbuhan saat ini di kisaran 5 persen. Merealisasikan potensi di sektor maritim menjadi kunci," kata Luhut dalam sambutannya di 2nd Edition Marine Spatial Planning and Services Expo 2023, di Jakarta, Selasa (19/9).

Namun, menurut Luhut, potensi tersebut masih belum masyarakat Indonesia sadari sepenuhnya. Padahal, jika merujuk pada sejarah, karakter Indonesia sebagai bangsa maritim didahului oleh para pendahulu yang telah mendedikasikan diri berjuang melalui diplomasi politik selama lebih dari 25 tahun mulai dari Deklarasi Djuanda Tahun 1957 hingga United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) Tahun 1982.

Luhut juga menekankan estafet Deklarasi Djuanda dalam penataan ruang laut dan wilayah sama pentingnya dengan penataan ruang darat.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top